Selasa, 18 Agustus 2015

NASI LIWET INSTAN


  • Apa itu nasi liwet ?
Nasi liwet ini adalah makanan khas kota Solo. Nasi liwet adalah nasi gurih (dimasak dengan kelapa) mirip nasi uduk, yang disajikan dengan sayur labu siam, suwiran ayam (daging ayam dipotong kecil-kecil) dan areh (semacam bubur gurih dari kelapa). Nasi ini berasal dari beras yang dimasak dengan bumbu, rempah-remah (bawang, daun salam, sereh), sedikit minyak makan, dan lauk pauk (biasanya ikan teri atau ikan jambal roti), dan sayuran (kacang panjang, pete, labu). Nasi liwet dimasak dengan panci khusus di atas kompor kayu bakar. Karena dimasak dengan panci, maka ada kerak nasi yang tersisa di dasar panci. Rasa nasi liwet umumnya gurih seperti nasi uduk (tapi nasi liwet tidak pakai santan). Rasa gurih itu timbul karena paduan rempah-rempah, bumbu, sayuran, dan ikan. Penduduk kota Solo biasa memakan nasi liwet setiap waktu mulai dari untuk sarapan, sampai makan malam

Keunikan lain dari makanan ini ialah disajikan dengan daun pisang, baik sebagai pembungkus ataupun surunya. Suru adalah sendok yang dibuat dari daun pisang. Daun pisang tersebut dipercaya dapat menambah rasa gurih pada makanan ini. Sebab selain bentuknya yang alami daun pisang juga belum terkontaminasi oleh zat kimia.


Nasi liwet terkenal dengan teksturnya yang pulen dan rasanya yang gurih. Rasa gurih ini muncul dari hasil rebusan nasi yang dimasak dengan cara dituangi dahulu dengan air santan kelapa. Nikmatnya nasiliwet ini juga akan semakin betambah lezat bila ditambahdengan sayur dan lauk pendukungnya.

  • nasi liwet instan


Seiring dengan kemajuan zaman kulinerpun semakin beragam dengan inovasi-inovasi baru yang menghasilkan citarasa yang unik dan tidak ada sebelumnya baik yang dalam kemasan ataupun makanan segar. Salah satu dari beribu inovasi, ada satu yang mencuri perhatian yaitu liwet instan. Liwet instan merupakan inovasi dari cara memasak beras dengan cara yang lebih simple dari biasanya sehingga dapat mempermudah orang untuk memasak nasi liwet tanpa harus bersusah payah untuk menyiapkan beras dan menyiapkan bumbu.



Dengan hadirnya nasi liwet insta ikut menambah kekayaan kuliner Indonesia yang mengusung kuliner tradisional yang dikemas secara modern. Sehingga nasi liwet tidak hanya bisa dinikmati dilestoran penyedia nasi liwet tetapi bisa dinikmati oleh setiap orang dengan cara memasak yang simple. Nasi liwet instanpun hadir dengan berbagai rasa yang dapat menambah nikmatnya makan dan varian rasanyapun tidak lepas dari citarasa tradisional salah satu variannya adalah rasa pete yang merupakan cita rasa tradisional banget, tetapi dikemas kedalam kemasan yang menarik juga modern. Nasi liwet instanpun hadir dengan berbagai ukuran yang dapat disesuakan dengan kebutuhan anda.

Cara memasak nasi liwet instan sangat mudah dan praktis yaitu, pertama masukkan beras dan bahan-bahan pelengkap lainnya ke dalam aluminium pan, kedua tambahkan air satu setengah buku jari. Bila menginginkan nasi yang lebih keras kurangi air, dan untuk mendapatkan nasi yang lebih lunak tambahkan lagi 25 ml air, terakhir beras liwet siap untuk dimasak, bisa juga dimasak dengan menggunakan magic com. klik di sini 





Apa keunggulan nasi liwet instan dibandingkan dengan nasi liet yang dimasak dengan cara tradisional?. Banyak sekali keunggulan nasi liwet instan dibandingkan dengan nasi liwet yang dibuat secara tradisional. Dengan kualitas nasi yang sama dan rasa yang tidak kalah enak. Berikut merupakan beberapa keungulan dari nasi liwet instan.

Keunggulan pertama, dengan produk instan ini konsumen bisa mengkonsumsi dengan cara yang mudah. Biasanya untuk membuat nasi liwet dari mengupas bahan baku sampai mengatur api butuh waktu 1 jam sampai nasi liwet matang dan siap untuk disajikan. Kalau nasi liwet instan hanya butuh 20 menit untuk nasi agar bisa langsung disajikan. Buat yang nggak bisa masak pun bisa.

Keuunggulan kedua, jika pada pembuatan nasi liwet secara tradisional biasanya apinya harus diatur agar rasa liwetnya terasa dan nasi liwet tidak gosong, tapi untuk liwet intan tidak perlu mengatur api bahkan bisa dipasak dengan rice cooker dan liwetnyapun tetap akan terasa.

Keungulan ketiga, konsumen tidak perlu lagi menyapkan bumbu untuk nasi liwet karena dalam nasi liwet instan sudah tersedia bumbu yang sudah disesuaikan dengan komposisi beras ditambah ada rasa unik dialamnya.

Keunggula keempat , kita tidak perlu lagi mencuci beras karena di daam nasiliwet instan berasnya sudah bersih dan siap untuk dimasak.



selamat menikmati di rumah dengan keluarga, kami menyediakan nasi liwet instan berbagai macam rasa, silahkan di lihat disini 
(Afrizal/dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar