Kamis, 13 Agustus 2015

SUSU KEDELAI BAGI KESEHATAN TIDAK KALAH SAMA SUSU BIASA

  • Manfaat susu kedelai bagi kesehatan
 Kedelai merupakan makanan yang paling lengkap akan kandungan gizinya, karena kedelai mengandung protein, lemak, serat, vitamin dan mineral yang baik dan tentunya sangat dibutuhkan oleh tubuh agar selalu sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

untuk kesehatan memang sudah tidak diragukan lagi. Lalu apa perbedaan susu kedelai dengan susu sapi dan apa saja keunggulannya?


Seperti dilansir dari SteadyHealth, satu cangkir susu kedelai yang tidak difortifikasi (masih murni, belum mengalami pengayaan), mengandung hampir 7 gram protein, 4 gram karbohidrat, 4,5 gram lemak, dan tidak mengandung kolesterol. Sedangkan susu sapi, menyediakan karbohidrat, vitamin, mineral, dan lemak. Semua susu sapi mengandung 8 gram protein dan 12 gram karbohidrat per cangkir. Ini juga merupakan sumber yang kaya nutrisi lainnya. Namun kita tidak perlu khawatir, karena susu kedelai yang beredar di pasaran sekarang ini sudah diperkaya dengan kalsium, vitamin E, B12, D, dan nutrisi lainnya.

Beberapa manfaat susu kedelai untuk kesehatan:


  • Menurunkan kolesterol, kandungan asam lemak tak jenuh dalam kedelai bermanfaat menghambat pengangkutan kolesterol dalam darah dan dengan mengkonsumsi susu kedelai secara rutin dapat menurunkan kadar kolestrol jahat dalam darah.

    • Mencegah osteoporosis, kandungan fitoestrogen dalam kedelai bermanfaat untuk mempercepat penyerapan kalsium di dalam tubuh sehingga berdampak tulang menjadi lebih kuat sehingga mengurangi resiko terkena osteoporosis.
    • Membantu menurunkan berat badan, kandungan gula dalam susu kedelai lebih rendah dibandingkan dengan susu sapi, serta asam lemak dalam susu kedelai dapat bermanfaat untuk menghambat penyerapan lemak di usus karena itu susu kedelai sangat cocok dikonsumsi untuk mereka yang sedang diet
    • Mencegah kanker prostat, kandungan fitoestrogen dalam susu kedelai sangat bermanfaat untuk menghambat produksi testosterone sehingga mengurangi resiko terkena penyakit kanker prostat pada pria.
    • Mengatasi gejala menopause, susu kedelai mengandung isoflavon yang bermanfaat untuk mengatur hormon estrogen sehingga wanita yang memasuki masa menopause akan lebih sehat.
    • Menyehatkan jantung, kandungan lemak jenuh yang sangat sedikit dalam susu kedelai sangat baik untuk kesehatan jantung anda.
    • Minuman vegetarian, susu kedelai merupakan pilihan yang tepat untuk para vegetarian karena dalam susu kedelai mengandung sumber vitamin, mineral, protein, karbohidrat dan juga lemak.
    • Minuman untuk penderita autisme, untuk penderita autisme dapat mengganti susu sapi dengan susu kedelai karena susu kedelai tidak mengandung glutein dan kasein yang dapat mengakibatkan gangguan fungsi otak.
    • Mencegah penuaan dini, susu kedelai sangat baik untuk mengatasi penuaan dini seperti keriput dan wajah menjadi kusam karena susu kedelai mengandung anti oksidan yang dapat menangkal penuaan dini sehingga orang yang rutin mengkonsumsi susu kedelai akan terlihat lebih awet muda.
    • Anti kanker, susu kedelai merupakan sumber mineral, selenium, isoflvon, asam amino triptopan serta vitamin E yang berfungsi sebagai anti oksidan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas pemicu penyakit kanker.
    • Mencegah migraine, dengan mengkonsumsi susu kedelai secara teratur penyakit sakit kepala sebelah atau migraine yang disebabkan oleh defisiensi zat gizi dapat dicegah karena susu kedelai merupakan sumber vitamin, mineral dan asam amino.


    berminat dengan susu kedelai yang banyak manfaatnya, bisa di dapat di www.galeripos.com
    (afrizal/dari berbagai sumber)





    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar