Kamis, 13 Agustus 2015

KOPI LUWAK "SALAH SATU KOPI TERBAIK DI DUNIA"

Definisi kopi luwak 


Di dunia internasional kopi luwak dikenal dengan istilah Civet Coffee. Kopi luwak sesuai dengan namanya berasal dari biji kopi yang dimakan dan melalui saluran cerna hewan luwak. Hewan luwak (Paradoxurus hermaphroditus) merupakan sejenis musang yang hidup di Sumatera bagian selatan dan di beberapa daerah di Pulau Jawa




Orang Indonesia harus berbangga karena salah satu kopi termahal dan terbaik di dunia berasal dari Indonesia. Untuk bisa menyeruput kopi luwak, kita harus mempersiapkan dana dua ratus ribu rupiah per cangkir. Harga kopi luwak memang mahal karena prosesnya yang lama dan rumit. Namun harga yang mahal tersebut sepadan dengan rasa kopi luwak yang tiada tara. berminat,kami punya di http://www.galeripos.com/kuliner/minuman/kopi-luwak-asli-indonesia.html


  • ASAL USUL ADANYA LUWAK KOPI
Ada cerita unik di balik munculnya kopi luwak. Cerita mengenai kopi luwak bermula pada awal abad ke-18. Pada masa pemerintahan kolonial Belanda, di Pulau Sumatera dan Pulau Jawa sedang diberlakukan tanam paksa. Pada era itu masyarakat Indonesia dipaksa untuk menanam kopi jenis arabika yang didatangkan dari Yaman. Pada masa tersebut para pekerja perkebunan sangat ingin mencicipi rasa kopi. Namun hal ini dilarang oleh pemerintah Belanda. Alhasil para pekerja perkebunan menemukan bahwa hewan luwak sangat gemar mengkonsumsi buah kopi, namun hanya daging buah kopi yang tercerna, sedangkan kulit ari dan bijinya masih utuh. Karena sangat ingin merasakan kenikmatan kopi, maka para pekerja perkebunan kemudian mengumpulkan kotoran luwak yang mengandung biji kopi. Biji kopi yang terdapat di kotoran luwak kemudian dicuci, disangrai, ditumbuk, lalu diseduh dengan air panas. Hal ini kemudian diketahui oleh warga Belanda pemilik perkebunan kopi dan akhirnya kopi ini menjadi populer di kalangan orang Belanda




KEUNGGULAN KOPI LUWAK

Karena prosesnya yang rumit, maka kopi ini menjadi kopi yang sangat mahal, bahkan sejak jaman pemerintahan kolonial Belanda. Walaupun berasal dari kotoran luwak, kopi luwak terkenal memiliki kualitas yang sangat bagus karena hewan luwak hanya mau makan biji kopi yang terbaik. Dikabarkan bahwa dari satu nampan yang diberikan kepada hewan luwak, hewan ini hanya mau mengkonsumsi kurang dari sepertiga kopi yang terdapat di nampan tersebut. Sehingga walaupun di perkebunan kopi sedang panen raya, dari beberapa ton kopi yang dipanen, hanya dihasilkan beberapa ratus kilogram kopi luwak.

Selain itu kopi luwak memiliki aroma tersendiri yang tidak dapat kita jumpai pada jenis kopi lain. Aroma yang khas tersebut berasal dari proses fermentasi yang dilalui oleh biji kopi selama di dalam saluran cerna luwak. Kopi yang dimakan oleh luwak tercampur dengan enzim proteolitik dan mengalami proses fermentasi selama 8 hingga 12 jam di dalam saluran cerna luwak. Bandingkan dengan proses fermentasi biasa yang memerlukan waktu 5 hingga 8 tahun.

Selain berasal dari biji kopi terbaik, kopi luwak juga memiliki keunggulan tersendiri, yaitu kadar asam dan kafein yang rendah. Kadar kafeinnya hanya sekitar 0,5 persen, bandingkan dengan kopi biasa yang memiliki kadar kafein 2 persen. Hal inilah yang menyebabkan kopi luwak aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes, maag dan jantung.
Walaupun berasal dari kopi luwak, namun para pecinta kopi tidak jijik dengan asal usul kopi yang diseruputnya tersebut. Karena pada kopi luwak masih dibungkus oleh lapisan kulit yang tidak rusak selama dicerna oleh luwak. Sehingga biji kopi luwak tidak tercampur dengan kotoran luwak. Selain itu biji kopi luwak juga dicuci berulang-ulang, baru kemudian dikeringkan, disangrai dan dijadikan minuman kopi yang nikmat.

selamat mencoba rasa kopi paling nikmat, salah satu kopi terbaik di dunia,mari kunjungi di 
(afrizal/dari berbagai sumber)


3 komentar:

  1. kunjuungi halaam situs agen poker online terpercaya dan menang jackpot ratusan juta rupiah. Di hari natal dan tahun baru 2017. Aslibandar.net akan membagikan bonus mingguan kepada para member setiap hari senin.

    Tunggu apa lagi hanya di Aslibandar.net salah satu situs yang akan memanjakan anda dan memberikan bonus mingguan secara cuma-cuma.

    CONTACT US
    * Ym: Aslibandar_Cs
    * Phone: 855976375885
    * Fb: AsliBandar
    * Skype: AsliBandar
    * Whatsapp: 85569776588
    * BBM: 2B3C34F4

    BalasHapus