Minggu, 23 Agustus 2015

SERUNDENG KELAPA

  • PENGERTIAN SERUDENG KELAPA
Serundeng adalah salah satu masakan populer Ala Indonesia yang biasanya dipakai selaku taburan untuk lauk-pauk. Sajian Istimewa jenis ini dibuat dari kelapa parut selaku bahan utamanya. Lalu diberi tambahan bumbu yang dihaluskan seperti bawang merah, dan bawang putih, serta cabai, kunyit, dan juga gula, ketumbar beserta bahan-bahan tambahan lainnya yang selanjutnya digoreng ataupun disangrai sampai berwarna kekuning-kuningan. 


Serundeng kelapa biasanya di gunakan untuk pelengkap ayam goreng, bentuknya seperti kremes tepung supaya ada kriuk gurih agar daging ayam semakin enak untuk di makan. Untuk membuatnya tidaklah sulit yaitu menggunakan bahan utama dari kelapa yang tua dan kemudian di parut dengan alat parut dan di campur dengan berbagai macam bumbu yang nanti saya tulis di bawah.

Warna serundeng coklat seperti biasanya hasil dari kelapa yang di parut kemudian di goreng pastilah coklat tapi coklat yang di dapat dari serundeng ini lebih terang karena adanya campuran bumbu khas dari nusantara dan aromanya juga lebih harum ketimbang parutan kelapa biasanya.

Untuk menadapatkan serundeng kelapa yang bagus anda bisa cari kelapa yang tua, dan rendam kelapa itu dalam air selama kurang lebihnya 10 menitan saja setelah itu baru di parut, nah itu salah satu tips saya sendiri untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan jangan lupa juga menambahi daun jeruk purut supaya setelah di goreng ada aroma segar dari sari daun jeruk tersebut

Pada umumnya serundeng dihidangkan diatas daging sapi panggang ataupun goreng yang sering disebut dengan serundeng daging. Serundeng jua umumnya sering ditaburi diatas soto ataupun ketan selaku penambah rasa gurih dalam suatu masakan.


Di negara tetangga seperti Malaysia, mereka menyebut serundeng dengan kata serunding. Hendak namun serunding mempunyai bahan utama berupa daging sapi ataupun daging ayam yang diolah seperti abon, sedangkan di Indonesia serundeng dibuat dari bahan utama yaitu kelapa parut. Nah, Sekarang Mari Kita Lihat Bahan Untuk Membikin Serundeng Ini.

Berminat membuat serundeng kelapa sebagai pelengkap sajian yang lezat? Simak juga beberapa tips berikut ini yang akan membantu Ibu membuat serundeng kelapa yang gurih dan nikmat:
·       Gunakan kelapa yang masih muda namun memiliki tekstur yang agak keras dan tidak terlalu lembek.
·       Pilihlah kelapa yang agak merah untuk menghasilkan serundeng yang lebih cantik warnanya.
·       Sebelum diparut, kupas kulit kelapa dan bilas hingga lendirnya bersih. Hal ini dilakukan untuk menghasilkan parutan kelapa yang bersih.
·       Parut kelapa dengan arah vertikal untuk menghasilkan parutan kelapa dengan serat yang memanjang.
·       Aduk kelapa bersama bumbu halus di atas wajan dengan api sedang. Hindari menggunakan api yang terlalu besar, karena serundeng mudah gosong.
·       Pastikan Ibu terus mengaduk serundeng agar warnanya merata dan serundeng kering sempurna.
·       Ibu bisa menambahkan cabai merah kering pada bumbu serundeng agar serundeng bercita rasa pedas. Sesuaikan saja jumlah cabai yang Ibu gunakan dengan tingkat kepedasan yang diinginkan.
·       Setelah mengering, angkat serundeng dari wajan, lalu dinginkan sebelum disimpan dalam wadah yang tertutup rapat. Jika disimpan saat serundeng masih panas, uap panasnya akan membuat serundeng menjadi basah.

Bahan-bahan Serundeng Kelapa:

Kelapa yang telah diparut sebanyak dua butir
Daun salam sebanyak tiga lembar
Buah jeruk sebanyak dua lembar
Lengkuas sebanyak satu ruas, geprak dan juga memarkan
Gula pasir sebanyak dua sdm

Bahan Bumbu Yang Dihaluskan:

Bawang putih sebanyak tiga siung
Bawang merah sebanyak empat siung
kunyit kurang Lebih satu ruas
ketumbar sebanyak satu sdt
Garam halus secukupnya

(afrizal/dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar